Imam Mahdi dari Keturunan Nabi Muhammad SAW , bukan Nabi ISA A.s

Al-Mahdi dari keluarga Nabi Muhammad SAW, Bukan Isa a.s.


Mengenal Imam Mahdi, sebagai tanda-tanda hari akhir.
Tentunya telah kami rangkum berdasarkan sumber yang terpercya dan telah kami rangkum agar lebih mudah di pahami.

Sebagai alasan bahwa al-Mahdi bukan Isa, yakni karena terdapat riwayat mutawatir yang menjelaskan bahwa al-Mahdi berasal dari keluarga Nabi. 

Gambar hanya contoh
Di antara hadis tersebut adalah riwayat Abu Dawud dari Ummu Salamah, Rasulullah SAW bersabda: 

المهدي من عترتي من ولد فاطمة

“Al-Mahdi berasal dari keluargaku dari anak Fathimah”.(H.R. Abu Dawud) 

لا تقوم الساعة حتي يلي رجل من أهل بيتي يواطئ اسمه اسمي

“Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum datang seorang lelaki dari ahlul baitku memimpin. Namanya sama dengan Namaku”(H.R. Ahmad) 

Ada sebuah pendapat yang mengatakan bahwa al-Mahdi adalah seorang laki-laki dari keluarga Rasulullah SAW dari anak cucu Hasan bin Ali, yang keluar di akhir zaman saat dunia dipenuhi ketidakadilan dan kedzaliman, lalu ia mengisinya dengan keadilan. Mayoritas hadis menunjukkan hal ini. 


Keberadaan al-Mahdi berasal dari keturunan Hasan memiliki rahasia sejarah, yaitu Hasan r.a menyerahkan kepemimimpinannya kepada Muawiyah bin Abu Sufyan pascaperang shiffin demi kemashlahatan umat. Karena itu Allah memberi keturunannya kekhalifahan yang menjamin keadilan yang memenuhi dunia. 

Ini merupakan Sunnah Allah yang berlaku bagi hamba-hambaNya, siapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah maka Allah memberinya atau keluarganya sesuatu lebih baik dari yang ditinggalkannya. Kondisi ini tidak ada pada Husein a.s karena ia menginginkan kekhalifahan, perang untuknya, namun tidak berhasil mendapatkannya. Wallahu a’lam. 

Ada sekelompok ulama yang mengatakan bahwa al-Mahdi adalah Isa bin Maryam. Dalam hal ini mereka berpegang pada hadis riwayat Ibnu Majah: 


لا مهدي الا عيسي ابن مريم

Kesahihan riwayat ini dipertanyakan dan sarat kritik. Ibnu Majah di dalam al-Sunan meriwayatkan hadis ini dari Yunus bin Abdul A’la, dari Syafi’I, dari Muhammad bin Khalid al-Jundi, dari Iban bin Shalih, dari Hasan, dari Anas bin Malik, dari Nabi SAW. Riwayat ini hanya dimiliki oleh Muhammad bin Khalid al-Jundi. Kebanyakan ulama’ menilai sebagai hadis munkar.[15




0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Saran dan Komentarnya..
( No Spam dan Konten Dewasa )

Imam Mahdi dari Keturunan Nabi Muhammad SAW , bukan Nabi ISA A.s